Monday, January 26, 2009

Bendungan Serut

Bendungan Serut berada di dusun Serut desa Gogodeso Kecamatan Kanigoro +25 Km dari Kota Blitar. Disini kali Brantas dibendung dengan 7 pintu air untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Terdapat jembatan sepanjang +30 meter di atas Bendungan Serut yang menghubungkan Desa Gogodesa dan Desa Kuningan. Di selatan bendungan ini terdapat pegunungan kidul yang membujur dari Barat ke Timur. Dan di selatan pengunungan ini desa Lodoyo yang langsung berbatasan dengan Laut Selatan.

Di bagian utara bendungan dibangun taman luas yang dilengkapi dengan jalur jalan paving block dan bangku-bangku taman. Di dalam taman ini juga disediakan playground dengan bandulan, jombatan, dsb sehingga anak-anak juga dapat menikmati taman bendungan ini. Di pinggir bendungan, sambil menikmati indahnya hamparan air dan pepohonan hijau di sekitar bendungan, pengunjung dapat memesan makanan seperti bakso, mie ayam, es atau makanan kecil. Di bagian timur pintu masuk taman, terdapat kolam pemandian keluarga. Terdapat dermaga kecil tempat perahu-perahu sewaan mangkal. Di sebelah timur taman, terdapat camping ground yang digunakan berbagai sekolah untuk kegiatan pramuka.

Di bagian tengah taman bendungan Serut terdapat monumen dozer yang diletakkan di atas pondasi beton. Dozer ini adalah salah satu dari peralatan berat yang dulu digunakan untuk membangun Bendungan Serut. Dengan adanya monumen Dozer ini seolah memberikan kenangan bahwa dahulu berbagai peralatan berat termasuk dozer ini pernah berjasa dalam pembangunan Bendungan Serut. Kadang terlihat pengunjung mengambil foto dengan latar belakang monumen dozer ini.

Berbagai pengujung ada di sini terutama hari Minggu atau hari-hari libur. Kadang terlihat satu keluarga sedang menikmati makan siang sekeluarga di atas tikar di pinggir bendungan. Sekelompok anak muda santai nglesot di bawah pohon. Beberapa pasangan anak muda duduk-duduk di bangku-bangku taman. Juga beberapa orang terlihat asyik memancing ikan dari pinggiran bendungan. Pertunjukan pentas dangdut digelar untuk lebih menghibur pengunjung di taman Bendungan Serut pada hari minggu. Event budaya lokal juga diadakan di waktu-waktu tertentu.

Selain untuk PLTA, bendungan ini juga berfungsi untuk mengairi persawahan desa sekitar bendungan melalui kali sodetan. Bendungan ini juga untuk mengendalikan debit aliran air kali Brantas yang bisa berdampak pada daerah-daerah di bawah aliran kali Brantas seperti daerah Kediri, Jombang, Mojokerto dan Surabaya. Semoga Bendungan Serut dan tamannya semakin tertata kembali mulai dari tempat parkir, fasilitas taman dan pepohonan serta rumputnya lebih terawat dengan baik. Tentunya kebersihan taman perlu dijaga dari sampah dedaunan dan sampah yang ditinggalkan para pengunjung. (Pulung)

No comments: