Saturday, October 25, 2008

Merekalah Sahabat


Dengan adanya beberapa situs blogger teman-teman SMA, satu-persatu bayangan teman-teman, sahabat-sahabat hadir kembali mengisi ruang-ruang di dalam memori. Seakan ditemukan kembali missing link persahabatan yang dulu pernah terbangun. Suatu missing link terjadi ketika masing-masing sahabat lulus dari SMA dan melanjutkan perjalanan mengejar pendidikan dan kehidupan. Pengalaman persahabatan mengesankan di masa lalu kembali mencuat. Lihatlah foto Laskar Delima, SMAN1 Blitar 85 (dari kiri: Ganis, Heyik, Fery, Pulung), lokasi Pantai Tambak Rejo.

Para sahabat SMA banyak mempengaruhi warna perjalanan hidup di sepanjang masa SMA yang "harus" kita lalui. Mereka mewarnai dengan berbagai pengalaman suka-duka, dihibur-disakiti, diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak, dipedulikan-ditelantarkan. Namun tentunya semua pengalaman yang tidak mengenakkan tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kedengkian atau kebencian, tapi lebih karena timbulnya gelegak emosi sesaat di masa yang belum matang.

Gelegak emosi itu kini telah reda seiring usia berjalan menuju setengah abad. Pengalaman itu kini mesti bermetamorfosis menjadi semangat saling menghargai dan keinginan menghadirkan persahabatan yang matang baik dalam berkomunikasi maupun berinteraksi. Merekalah sahabat, dunia ini akan lebih mengesankan dengan persahabatan.

Persahabatan adalah suatu hubungan yang terjalin antar dua individu atau lebih yang saling memberikan manfaat dan dukungan. Memang prinsipnya persahabatan tidak terbatas kelompok, ras atau negara. Persahabatan bersifat universal. Jadi bisa saja seseorang dibelahan bumi selatan dan barat bersahabat dengan seseorang di belahan bumi utara dan timur. Apalagi di jaman sekarang, dimana persahabatan lebih memungkin lebih terjalin dengan adanya teknologi dunia internet.

Lebih dari sekedar teman, sahabat biasanya ditandai dengan hubungan yang saling menguntungkan dalam hal pengetahuan, harga diri, sosial dan kasih sayang. Kita mungkin punya teman yang setiap ketemu saling bertegur-sapa saja, tetapi sahabat lebih dari itu. Sahabat juga ditandai dengan sikap saling membantu dan memberikan rasa yang menyenangkan. Sahabat adalah seseorang yang selalu menunjukkan perilaku yang saling memberi dan menerima dalam arti positif yang luas. Sahabat bisa ada dimana saja! (Pulung)

2 comments:

Anonymous said...

Andri nggak enek sing ngerti, lek Heyik ngono yoo lagi dong, Ok...Pulung Up grade terus blognya, sukur2 photo kunonya masih banyak yg tersimpan, tolong di posting

pulung said...

Hehe, sampeyan isik kelingan celukane Andri. Bener jenenge Heyik sing dingerteni konco-kocno kabeh. Wis tank ganti ben konco-konco luwih nyambung.

Foto-foto kuno masih ada beberapa, nanti saya posting lagi.