Sunday, January 8, 2017

Menumbuhkan Sayur di Halamam

Apakah karena alasan mengisi waktu luang, kepuasan memenuhi kebutuhan sendiri, keinginan merasakan yang segar langsung dari tanaman, atau alasan penghematan belanja kebutuhan, menumbuhan tanaman sayur di halaman rumah bisa menjadi jawabannya. Bahkan keberhasilan menumbuhkan sayuran bisa menjadi suatu kepuasan tersendiri. Apalagi sebagai pehobi tanaman. Investasi waktu dan tenaga menumbuhkan sayur di halaman pasti akan memberikan nilai.


Ketika memutuskan tempat dimana akan menumbuhkan sayur di halaman harus dipastikan tempatnya bisa dilakukan dengan media tumbuh yang baik dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Ukuran dan tata letak tempat penumbuhan sayur akan tergantung pada luas area yang tersedia, waktu yang anda miliki memelihara sayuran dan jenis sayuran yang akan ditanaman. Jenis sayuran yang berbeda memerlukan luasan tempat yang berbeda pula.

Setelah mendapatkan gambaran tata letak untuk menumbuhkan sayur di halaman, perlu dilakukan percobaan tanam dan jika diperlukan melakukan perubahan media dengan menambahkan nutrisi pada media tanam. Usaha awal dan percobaan tanam sering memerlukan waktu karena media tanah yang tidak baik menghasilkan sayur yang buruk dan rentan terserang hama. Media tanam yang baik dan pemilihan jenis yang tepat akan banyak menghemat upaya perawatan.

Pertimbangkan juga apakah perlu pagar tanaman, jika ia seberapa tinggi? Coba perhatikan halaman sayuran di tempat lain atau tetangga anda, dan lihat jenis pagar apa yang mereka gunakan. Pagar akan melindungi tanaman sayuran dari binatang hama, hewan piaraan dan hal lain yang mungkin bisa masuk ke area tanaman dan merusaknya. Ini mencegah frustasi karena tanaman suyuran rusak sementara belum pernah memetik hasilnya. Pagar juga bisa menambah estetika halaman.

Banyak sekali sumber referensi internet yang bisa digunakan untuk menumbuhkan sayuran di halaman rumah. Sumber referensi mungkin berbeda dari satu dengan lainnya, sayuran akan ditumbuhkan di ladang atau halaman, atau untuk kebutuhan perdagangan atau dikonsumsi sendiri. Dapatkan beberapa sumber referensi dan lakukan yang tepat untuk menumbuhkan sayur di halaman. Perbedaan penting tanaman sayuran di halaman akan dikonsumsi sendiri, gunakan pupuk dan pengendali hama organik. (Pulung Chahyono, www.pulung-online.blogspot.com, mitra_ulung@yahoo.com)

No comments: