Saturday, May 15, 2010

Anomali Definisi Politik

Kalau tidak saya sudahi browsing arti politik mungkin berhari-hari belum selesai. Sebagai awam, saya hanya ingin cari tahu definisi politik khususnya yang berlaku di negeri ini. Saya ketik dan cari kata kunci politik melalui searching engine dunia internet. Saya baca sebagian kecil arti kamus, etimologi, sejarah atau artikel yang berkaitan politik. Lebih tepatnya sebagian kuecil sekali karena setelah enter kata kuncinya, saat itu ditemukan sekitar 8.680.000 hasil penelusuran untuk "politic" bahasa Inggris. Dan saya coba lain dengan kata kunci "politik" bahasa Indonesia sekitar 263.000.000 hasil penelusuran. Wah ratusan juta! Dan itu sepertinya belum termasuk jumlah yang diminta diklik untuk menampilkan hasil lainnya dari situs yang sama.

Selama klak-klik dan baca, saya berusaha pahami definisi politik dari situs KBBI online, the free dictionary, Webster, Oxford, dan podictionary. Juga berusaha memahami konteks politik dari artikel dan Wikipedia yang ternyata juga menyarankan membuka entri politik di Wiktionary, Wikibooks, Wikiquote, Wikisource, Wikinews dan Wikiversity. Wah yang ini nyerah! Lihat dari arti KBBI, politik adalah mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan, seperti tata sistem pemerintahan, dasar pemerintahan. Kamus free dictionary, Oxford dan Webster secara umum memuat mirip "the art or science of government or governing". Etimology dictionary "science of government," from politic (adj.), modeled on Aristotle's ta politika "affairs of state," the name of his book on governing and governments, which was in English mid-15c. as "Polettiques."

Wikipedia, free dictionary memuat "Politics is a process by which groups of people make collective decisions". Sedang dari Wikipedia bahasa Indonesia, politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Teori klasik Aristoteles, politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama. Pemahaman lain, politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat. Memang dalam satu artikel berbahasa Indonesia ada diyatakan bahwa politik memiliki definisi yang banyak tergantung sudut pandang yang digunakan oleh si pembuat definisi. Wow!

Entahlah, mana yang lebih tepat untuk bisa mewakili dan digunakan dalam memahami arti politik khususnya di negeri ini. Juga disebut bahwa memahami konteks politik perlu mengerti sistem politik, perilaku politik, filsafat politik, proses politik, dan lain halnya. Namun dari beberapa definisi dan konteks politik tersebut bisa diambil unsur-unsur pokoknya (1) berkaitan dengan pemerintahan dan negara, (2) pengambilan keputusan dan tujuan kolektif, (3) kebaikan bersama, (4) tujuan kekuasaan. Unsur lain agak berbeda bisa ditambahkan dari Wikipedia bahasa Indonesia yaitu "pembagian kekuasaan", dan politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara "konstitusional maupun nonkonstitusional".

Akhir browsing sampailah pada definisi politik di Yahoo! Answer. Dan semua tentu juga bisa menemukan dengan mengetik "Definisi politik secara etimologi?" Setelah enter akan segera ditemukan. “Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak”, by Adam: "POLITIK ITU SEBUAH SEBUTAN ATAU SEMACAM SIMBOL YANG MENJELASKAN CARA BAGI ORANG2 YANG BERMAIN TAKTIK, TEKNIK DAN STRATEGI DALAM MENJALANKAN MISINYA, BAIK MISI YANG BAIK ATAUPUN MISI YANG JAHAT DALAM MENCAPAI TUJUANNNYA. SMOGA BERMANFAAT OK". Ini lebih gampang dipahami khususnya definisi politik di negeri ini. (Pulung Chahyono, www.pulung-online.blogspot.com, mitra_ulung@yahho.com)

No comments: