Monday, January 21, 2013

Soekarno, Sosok Paling Dicari 2012


Masa ternyata tak mampu membuat namanya lekang. Seolah orang tiada henti berbincang dan terus ingin mengetahui lebih tentang sosok Soekarno, Putra Sang Fajar. Dialah proklamator kemerdekaan negeri untaian ribuan nusa indah, Indonesia, 68 tahun silam bersama dengan Mohammad Hatta, sebagai Dwi Tunggal. Soekarno, pencetus lima sila menjadii dasar negara Indonesia dan dia sendiri yang menamainya Pancasila. (Foto: Soekarno dan Josip Broz Tito, Wikipedia).

Soekarno menjadi sosok yang paling dicari di tahun 2012. Ini terbukti nama Soekarno menjadi key word artikel untuk sosok yang paling dicari di ensiklopedia bebas Wikipedia Indonesia tahun 2012. Soekarno berada di urutan ke-10 terbesar dengan 506.000 pencarian, namun untuk kategori tokoh dialah menjadi yang pertama dicari. Sembilan artikel peringkat sebelumnya bukan sosok, melainkan dari urutan terbesar adalah Facebook, Indonesia, YouTube, Sepak Bola, Bola Boli, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Bola Basket, Sejarah Indonesia dan Budaya.

Wikipedia merupakan situs rujukan utama bagi sebagian besar peselancar dunia internet di seluruh belahan bumi. Melalui situs ensiklopedia bebas ini tersedia berbagai informasi mengenai segala hal tentang dunia dan isinya. Bahkan setelah artikel terpopuler sosok Soekarno di Wikipedia Indonesia selama 2012, hanya menempatkan SuJu "Super Junior", sebuah boyband histeria dan pujaan remaja asal Korea Selatan, menempati posisi ke-14 terbesar dengan 449.000 pencarian.

Data peringkat artikel yang paling banyak dicari di Wikipedia 2012 ini dikeluarkan oleh seorang teknisi software asal Swedia, Johan Gunnarsson, dimana dia mengompilasi semua artikel paling banyak dilihat oleh para pengunjung ensikolpedia online ini sepanjang tahun 2012. Peringkat "Most viewed articles on Wikipedia 2012" yang dia sajikan selain Wikipedia berbahasa Indonesia juga menunjukkan daftar pencarian terpopuler di situs Ensiklopedia bebas yang berasal dari 35 bahasa lainnya.

Tak bisa dipungkiri, Soekarno memang sosok yang sangat berjasa atas lahir dan berdirinya negeri tercinta ini. Sebuah negeri dimana para penduduknya hidup di alam merdeka dari cengkeraman koloni bangsa lain. Namun bukannya ini lebih mudah, karena Soekarno dalam salah satu pidatonya pernah mengingatkan "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri." (Pulung Chahyono, www.pulung-online.blogspot.com, mitra_ulung@yahoo.com)

No comments: