Friday, March 9, 2012

Rubber Duck, Sahabat Mandi Anak

Apakah anda pernah melihat seorang anak kecil mandi di bak air sambil asyik memainkan boneka bebek (rubber duck)? Kayaknya pernah. Boneka bebek itu adalah mainan berukuran kecil yang berbentuk seperti bebek, biasanya terbuat dari karet atau plastik vinil. Umumnya boneka bebek berwarna kuning, namun juga ada variasi warna lainnya seperti merah, hijau, ungu, biru dan lainnya. Bagian bawah boneka bebek datar dan jika boneka bebek ditekan akan menimbulkan suara yang menarik baik anak kecil. Kini boneka bebek ini menjadi simbol mainan anak kecil saat mandi di bak air.
 

Memilih mainan anak kecil yang tepat menemani mandinya hal pertama tentu mempertimbangkan faktor keselamatan bagi anak. Disarankan memilih mainan yang berbahan karet atau bahan lain yang lentur dan lembut sehingga tidak melukai bagian tubuh anak saat mengenainya. Mainan tidak memiliki sisi tajam. Juga jangan memilih mainan atau bagian mainan berukuran kecil sehingga dapat tertelan oleh anak kecil. Pilih bahan mainan yang tidak mudah berkarat karena terkena air. Selain boneka bebek, pilihan mainan lain saat anak mandi bisa berupa bola, perahu, mainan ikan dan sebagainya.

Boneka bebek bisa menjadi mainan yang mendidik disamping menyenangkan. Awalnya anda bisa melatih anak untuk menyebutkan nama bebek. Kemudian anda mengajari bagaimana suara bebek tersebut. Anda harus benar menyuarakan suara bebeknya! Ini juga bisa mengalihkan perhatian anak yang sedang enggan mandi. Disamping itu juga bisa ditirukan bonekanya bagaimana bebek berenang di air, bergerak kesana kemari mencari makanan. Ini memberi pengenalan tentang binatang bebek kepada anak kecil diantaranya bahwa bebek bisa berenang di air sambil mencari makan.


Jika anak enggan, sulit, atau bahkan takut diajak mandi anda tidak perlu khawatir. Memang anak kecil biasanya mengalami tahapan waktu dia merasa takut terhadap air. Namun berjalannya waktu anak kecil akan melalui tahapan tersebut. Selama masa ini anda perlu mencari cara agar anak tetap bisa mandi untuk menjadi kebersihan dirinya. Terutama anak yang cukup aktif bermain sehingga badannya menjadi kotor. Disini anda dapat membantu anak kecil menjadi senang untuk mandi dengan memberikan mainan. Dan boneka bebek mainan dapat menjadi sahat bagi anak kecil untuk bermain saat mandi.


Anda bisa ke toko mainan untuk menemukan boneka bebek di tengah banyaknya pilihan mainan anak. Bahkan boneka bebek saat ini memiliki banyak bentuk dan variasinya. Ada boneka bebek yang memakai kacamata, memakai pita, memiliki tanduk, atau lainya. Bisa saja karena banyaknya pilihan, anda menjadi bingung memilihnya yang tepat untuk dibeli. Pertimbangan yang tidak kalah pentingnya adalah jenis boneka bebek yang disenangi oleh anak. Kalau tidak, anak malah bertambah enggan untuk mandi! (Pulung Chahyono, www.pulung-online.blogspot.com, mitra_ulung@yahoo.com)

2 comments:

Sisca said...

Bebek ternyata bukan hanya favorit anak-anak pak Pulung. Saya juga suka bebek. Mau bebek plastik yang kuning itu atau bebek hidup atau bebek goreng, bebek ricapun boleh, saya suka semuanya. Bebek memang bisa jadi simbol mainan anak-anak di bak mandi karena bentuknya yang lucu. Tapi bukan hanya bebek plastik saja yang lucu bebek hidup juga jauh lebih lucu....

pulung said...

Sisca,
Kayaknya kita sama kesukaannya, bebek goreng. Terima kasih ya telah mampir disini.