Tuesday, March 3, 2009

Wisata Hutan Pantai

Salah satu daya tarik Pantai Ayah adalah masakan laut yang ditawarkan oleh warung-warung dekat pantai; wisata kuliner. Kita bisa langsung memilih dari beberapa jenis dan ukuran ikan laut dan udang mentah yang baru saja diambil dari hasil tangkapan nelayan. Kemudian memilih menu, goreng atau rebus, pedas atau manis, dan yang lainnya. Ada warung makan yang tepat berada di pinggir pondasi air pantai. Sambil menanti masaknya menu yang dipesan, kita akan menikmati indahnya pemandangan pantai dan sejuknya hembusan angin laut. Segera setelah matang, masakan pesanan yang masih panas akan langsung dihidangkan di meja kita. Mak nyoss rasanya!

Obyek wisata Pantai Ayah adalah arena yang sangat menyenangkan untuk dinikmati dan dijelajahi karena merupakan perpaduan antara wisata hutan dan wisata bahari. Lewati jalan buatan di atas air demarga. Telusuri hutan dengan berbagai tumbuhan lokal dan luar negeri. Nikmati sejuknya taman. Sesekali berhenti sejenak di tempat istirahat yang ada. Bersantai di arena bermain anak. Singgahi kios-kios souvenir yang menawarkan aneka kerajinan. Penjual mainan anak ikut meramaikan suasana, juga penjual keong dan ikan hias.

Pemandangan alam perbukitan, hutan dan pantai yang mempesona dengan hamparan pasir yang luas, landai dan bersih. Kuda sewaan siap dinaiki dituntun pemiliknya bila ingin menyusuri indahnya pantai dengan berkuda. Anak saya terlihat gembira sekali ketika diajak naik kuda. Jika ingin menyusuri pemandangan pinggir pantai ada perahu yang siap disewa. Sungguh ini tempat wisata yang cerdas, rekreatif, lengkap dan terpadu.

Jika ingin menikmati suasana malam di Pantai Ayah ada guest house yang dikelola oleh pihak Perhutani. Ini akan lebih melengkapi wisata dan petualangan kita. Saat senja bisa menikmati indahnya sinar temaram matahari yang perlahan mulai tenggelam turun ke permukaan air laut.

Fasilitas lainnya ada area perkemahan, tempat parkir luas, arena olahraga pantai, masjid, pusat informasi wisata, dan sebagainya. Ikan-ikan segar bisa langsung dibeli dari TPI Pantai Ayah. Banyak sekali yang dapat dipelajari dari obyek wisata Pantai Ayah jika suatu daerah ingin mengembangkan wisata pantai dan wisata hutan sekaligus di daerahnya. Pantai Ayah berada di desa Ayah, kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah; sekitar 25 km dari kota Kebumen. (Pulung)

1 comment:

pulung said...

What a uniquely beautiful shoe design! I like Nike much. Its check-mark-like logo inspires me the high comfort and quality. I could not comment on the price until I had further reference.

Anyway, you have a smart blog, and I should be very grateful for your visit to my blog.