Friday, September 3, 2010

Manfaat Kurma Mendunia

Puasa Ramadan selalu dilengkapkan dengan kurma. Memang keduanya sulit dipisahkan. Terasa hangat dan mantap saat berbuka puasa dengan kurma. Rasa lapar setelah seharian penuh berpuasa menjadi terpuaskan dengan manisnya kurma. Badan yang lemas menjadi bugar kembali, karena glukosa yang terdapat dalam buah kurma mudah dimanfaatkan sebagai sumber energi tubuh. Tentunya tidak hanya glukosanya, buah kurma banyak sekali mengandung vitamin, mineral dan nutrisi lain yang sangat berguna bagi tubuh manusia.


Kurma adalah buah dari keluarga tanaman palem atau palma (Arecaceae). Pohonnya menyemak mirip pohon salak saat masih pendek dan menjulang seperti pohon kelapa ketika sudah tinggi yang bisa mencapai 10 meter atau lebih. Daunnya menyirip keluar dari dahan pelepah daun yang menjulang ke atas atau menyamping. Sedang buahnya menggerombol seperti tandan buah jambe. Banyak jenis kurma yang masing-masing memiliki kekhasan pada warna, ukuran dan rasa buahnya. Di Indonesia telah banyak makanan yang dikombinasi dengan rasa korma seperti roti kurma, cake kurma, martabak kurma, dan dodol kurma.

Pohon kurma diperkirakan berasal dari sekitar teluk Persia. Di jaman kuno tumbuh melimpah diantara sungai Nile dan Euphrate. Juga telah banyak tumbuh pohon kurma mulai dari Senegal sampai lembah sungai Indus bagian utara India. Terdapat bukti arkeologi adanya pembudidayaan kurma di daerah timur Arab sekitar tahun 4.000 SM. Pohon kurma dianggap sebagai simbol kesuburan dan terdapat di relief bangunan dan benda kuno. Suku nomaden biasanya menanam pohon kurma dekat oases di gurun pasir. Pohon kurma di Saudi Arabia sangat besar dibudidayakan dengan dukungan teknologi tinggi. Kementrian Pertanian Arab Saudi mengadakan kursus pelatihan budidaya kurma di seluruh negara dengan metode pertanian modern sehingga menghasilkan buah kurma berkualitas tinggi.

Pohon kurma telah dibudidayakan di Perancis, French Riviera (daerah pantai mediterania), bagian selatan Italia, Sisilia dan Yunani. Juga dibudidayakan di Afrika Barat di dekat gurun Sahara. Benih kurma dengan berbagai jenis telah dibudidayakan di bagian utara India dan Pakistan sejak 1869. Pohon kurma telah ditanam di sekitar Bohol Pilipina. Selanjutnya pohon kurma dibudidayakan di Australia, bagian timur laut Argentina, Brasil dan tumbuh baik karena iklim keringnya. Tahun 1899, pohon kurma sampai di Jamaica. Pohon kurma bisa tumbuh normal di Bahama dan Florida Utara. Para penjelajah Spanyol memperkenalkan pohon kurma di Meksiko dan Kalifornia dan hasilnya mulai diekspor 1837. Kurma dibudidayakan di bagian selatan Arizona tahun 1890. Demikian berbagai jenis pohon kurma kini ditanam di seluruh dunia. (Morton, J. 1987. Date. p. 5–11. In: Fruits of warm climates)

Nama kurma juga diabadikan dalam kita-kitab suci agama samawi, dimana tempat turunnya wahyu agama di daerah endemik pohon kurma. Juga dalam catatan sejarah hidup nabi Muhammad SAW, kurma menjadi bagian yang diriwayatkan dan juga dijadikan perumpamaan. Segala yang ada di pohon kurma memberikan manfaat mulai dari daun, buah, biji, batang dan akarnya. Demikian perumpanaan yang disunahkan untuk diteladani dalam kehidupan manusia, keberadaannya banyak memberikan manfaat bagi sesamanya. (Pulung Chahyono, www.pulung-online.blogspot.com, mitra_ulung@yahoo.com)

No comments: