Friday, November 11, 2011

Gurihnya Mendoan, dan Mindoan

Tahu mendoan khan? Bukan tahu, tapi ini tempe. Begini saja pertanyaannya, tahu tempe mendoan khan? Bukan tahu tempe, tapi ini tempe saja. Halah, malah semakin ndak nggenah. Maksudnya itu apakah sudah mengetahui atau merasakan tempe mendoan? Tempe goreng ini bentuknya mirip tempe goreng biasa, tapi gurihnya luar biasa. Tempe mendoan adalah makanan gorengan populer di daerah Jawa Tengah, khususnya wilayah Banyumas. Bahkan tempe mendoan sudah cukup dikenal luas di masyarakat nusantara. Terutama diantara para penikmat kuliner makanan gorengan. (Foto: Tempe Mendoan, from Wikipedia) 

Konon kata "mendoan" berasal dari bahasa daerah Banyumas. Mendoan berkata dasar "mendo" yang berarti setengah matang atau lembek. Jadi kalau ada orang yang kurang bisa berpikir dewasa (setengah matang) dan tidak tegas (lembek) bisa dikatakan "mendo"? Mungkin juga sih, karena arti kata "mendo" dalam bahasa Jawa umum juga berarti mirip-mirip seperti itu. Mendo itu, dikatakan matang enggak, mentah juga enggak. Justru enak dong jadi orang mendo, tidak merasa matang tapi juga tidak terasa mentah? Memang enak kok tempe mendoan. Wah piye iki? Nggladrah. 

Tempe Mendoan itu makanan yang terbuat dari tempe tipis dan digoreng dengan tepung. Aslinya tempe dari kedelai ini memang dibuat khusus untuk mendoan yang berbentuk lembaran tipis tempe dan dibungkus daun pisang (tempe buntel). Satu lembaran tempe untuk satu mendoan goreng. Tepung beras lapisan luarnya diberi bumbu goreng standar; merica, garam, bawang putih dan ketumbar. Yang juga khas dari tempe mendoan adalah tepungnya dicampur dengan irisan kecil-kecil daun bawang. Kalau resep kurang mantap tanggung sendiri ya! For further inquiries, silahkan menghubungi "mbah" Google.

Tidak kurang penting adalah cara menikmati mendoan. Ya iya dong, karena ini adalah tujuan akhirnya. Cara menikmati yang kurang tepat berakibat kurang ajib citarasa mendoan. Setelah tempe mendoan digoreng cepat dalam minyak panas, lalu dientas. Ambil satu tempe mendoan dengan tangan kemudian dekatkan ke mulut untuk ditiup sampai tidak terlalu panas (Be aware: ukuran panas berbeda setiap orang). Tangan lainnya ambil satu buah cabe rawit. Gigit mendoan dan cabe rawit secukupnya. Kunyah tempe dan gigitan cabe bersama-sama, dan telan. Mak nyuss rasanya! Gampang khan? Pasti gampang.

Namun ada kalanya terlalu banyak menggoreng tempe mendoan hingga tak habis dimakan di hari yang sama karena perut telah kenyang. Simpan saja untuk dimakan esok harinya. Tentu tempe mendoan akan jadi dingin dan terlalu lembek esok harinya. No worries, ini tipsnya! Goreng lagi, agar panas atau hangat kembali sebelum dimakan. Tapi konsekuensinya bukan tempe mendoan lagi namanya, jadi tempe "mindoan".  Karena sudah digoreng dua kali (mindo). Des, kalau bicara tempe goreng jenis ini, perlu lebih didengar apakah tempe mendoan atau mindoan. (Pulung Chahyono, www.pulung-online.blogspot.com, mitra_ulung@yahoo.com).

7 comments:

software toko said...

hahahahaha....

enak tenan gan..ini makanan khas daerah ku..ditambah cabe lebih mantap...

Widi Dede said...

ahay salah satu lauk favorite gw nih... tempe mendoan :D

pulung said...

software, hehehe mantap rasanya gurih, hangat dan pedas...

pulung said...

konde, ternyata kita sama lauk favorite-nya.... :)

Popi said...

pagi-pagi mampir disini... bikin LAPER!!

pulung said...

Popi, membahas gurihnya mendoan memang bikin laper.... hehehe

Anonymous said...

Kok beda arti SIFAT nya di sini
mohon pencerahan nya.. makasih
.
Sifat dan karakter nama Mendo
Orang yang namanya Mendo adalah orang yang berani, cerdas, dan pekerja keras.

*** click > Sifat dan karakter nama Mendo
Orang yang namanya Mendo adalah orang yang berani, cerdas, dan pekerja keras.
.
https://namamia.com/arti-nama/mendo.html